Dosen FEB UPS Tegal Mengisi Pelatihan Pemasaran Online

UKM Online atau Online Entrepreneur sudah ramai sejak 10 tahun terakhir dan juga tidak ketinggalan platform dan acara untuk toko online yang telah diadakan. Namun timbul dan tenggelam seolah tidak begitu jelas arahnya. Munculnya marketplace merupakan salah satu ciri dari perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Perubahan inilah yang harus diadopsi oleh seluruh online entrepreneur.
Pada dasarnya, situs marketplace bukan pondasi dasar untuk berbisnis online, akan tetapi hanya sebagai saluran pemasaran. Website toko online yang dapat berfungsi untuk transaksi online tetap merupakan dasar dari bisnis online. Pada era transformasi digital sekarang ini, UKM-UKM berpeluang besar untuk lebih cepat mengembangkan bisnis mereka. Namun hal ini harus dilakukan dengan praktik terbaik.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tegal bekerja sama dengan Kelurahan Tegalsari mengadakan Pemasaran online dengan Dosen FEB UPS Tegal sebagai pemateri pada kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2020. Dengan pemateri acara tersebut terdiri dari Aminul ,S.E.,M.M, Catur Wahyudi,S.E.I.,M.Si merupakan dosen FEB UPS Tegal.
Peserta kegiatan ini adalah Masyarkat Dari kelurahan Tegalsari setiap RW terdiri dari 3 orang, dimana mereka adalah peserta pelatihan berkelanjutan dari sebelumnya. Para peserta sebelumnya sudah melakukan pelatihan seperti pengolahan ikan tenggiri dilanjutkan dengan pengemasan dan pemasaran online. Informasi yang dihimpun dari penyelenggara karena kondisi pandemi Covid 19 peserta dibatasi menghindari kerumunan teralalu banyak dan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker.


Pemateri menyampaikan metode ini kegiatan dilakukan dalam bentuk penyampaian materi, diskusi, simulasi, dan praktik penggunaan digital marketing. Adapun isi dari pelatihan tersebut yaitu:
1. Memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai internet dan digital
marketing.
2. Memberikan pelatihan untuk memanfaatkan media digital sebagai sarana untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.
Luaran dari kegiatan ini adalah warga Tegalsari mampu memanfaatkan internet dan media digital dalam rangka membangun strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien sehingga usaha yang dirintis mampu menghadapi persaingan di pasar global.
Tahap pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyampaian materi tentang digital marketing. Beberapa hal yang dijelaskan oleh pemateri adalah tentang definisi internet, cara menggunakan dan keuntungan digital marketing, maupun pondasi yang harus dipegang teguh bagi seorang marketer. Kegiatan berikutnya adalah simulasi membuat foto produk agar lebih menjual ketika di iklankan di marketplace maupun sosial media. Sesi ini disambut antusias oleh peserta, karena mereka bisa mempraktikkan langsung bagaimana cara foto produk. Banyak Peserta merasa sulit untuk membuat medsos sebagai sarana jual beli online, seperti bagaimana membuat memebuat photo yang menarik dan memposting karena hal tersebut merupakan hal yang tidak biasa, dimana peserta di dominasi ibu-ibu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + 17 =