FEB Lepas 187 Calon Wisudawan, Dekan: Mari Perkuat Tradisi Akademik Dan Prestasi Mahasiswa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melepas sebanyak 187 Calon wisudawan bertempat di Convention Hall Hotel Karlita Kota Tegal, Selasa (9/3).

Hadir pada kesempatan itu, Ketua YPP Prof. Dr. Imawan Sugiharto, SH. MH, Rektor UPS Tegal yang diwakili WR 1 Dr. Purwo Susongko M.Pd., Pejabat dan karyawan UPS serta Para Dosen dan Dekan di Fakultas UPS Tegal.

Dalam sambutannya Dekan FEB Dr. Dien Noviany Rahmatika SE MM Ak CA mengucap selamat kepada calon wisudawan dari Fakultas Ekonomi Dqn Bisnis yang sebentar lagi akan meraih gelar Sarjana.

”Anda secara formal berstatus sebagai mahasiswa FEB UPS dan akan berganti statusnya manjadi alumni FEB UPS.” Kata Dien.

Lebih lanjut Dekan mengatakan, Hampir 3 semester dilaluinya di masa Pandemi Covid19 ini. Pihak dosen dan seluruh pengajar menyadari bahwa lulus ditengah pandemi bukan hal yang mudah.

Perkuliahan yang tadinya dengan tatap muka beralih ke online. Walaupun demikian, pihaknya berusaha membuat pelepasan ini menjadi kenang kenangan yang akan selalu diingat oleh semua calon wisudawan. Pelepasan ini adalah bukti ada perjuangan yang telah saudara lalui.

Kedepan, tidak ada jaminan semua akan lebih mudah. Dunia kerja bukan dunia angan angan. Dunia kerja akan jauh berbeda dengan dunia pendidikan. Bagi mereka yang selama kuliah sudah tertempa dengan berbagai keilmuan, kegiatan, logical thingking, pendidikan karakter dan problem solving mereka yang akan diterima di dunia kerja.

Pandemi ini juga membawa kesempatan kerja yang berbeda. Yang dulu terfikir tidak mungkin, maka semua menjadi mungkin. Karena dunia didalam genggaman, yaitu teknologi. Kuasai itu dan dia akan menjadi pemenang.

Disampaikan Dekan, bahwa FEB telah membuat perubahan dengan membuat satu prodi baru yaitu digital bisnis. Ijin dosen dan kurikulum telah selesai diperiksa, tinggal menunggu status bisa dibukanya prodi.

Saat ini FEB juga telah menyongsong merdeka belajar – kampus merdeka. Dari 8 tahapan yang ada, berbagai tahapan telah dilalui. Sampai saat ini ini FEB telah mendapatkan prestasi.

1. hampir 26 mahasiswa atau hampir 50% mahasiswa FEB mendapatkan beasiswa Bank Indonesia, 20 penerima beasiswa dari Pemda Brebes berasal dari FEB, 10 mahasiswa akan menerima beasiswa aspirasi dewan pengurangan UKT.
Kedepan, akan ada 100 mahasiswa yang akan menerima bantuan dana pembuatan skrispi yang berasal dari aspirasi dewan.

2. TA 2020/2021 FEB telah memberangkatkan 8 student exchange selama dua semester ke Filipina dan India.

3. Tiga mahasiswa magang BUMN telah diberangkatkan ke berbagai kota.

4. FEB juga menerima satu mahasiswa asing dari Egypt/Mesir.

Di bidang akademik lainnya, FEB berusaha melakukan banyak perubahan. Publikasi akademik mulai ditingkatkan. 8 buku yang diterbitkan dua semester ini, 10 jurnal sqopus dari level Q1 sampai Q4 sudah bisa dihasilkan oleh para dosen, Bahkan sudah bisa medapatkan akreditasi Sinta 4 untuk Jurnal Permana dan dua jurnal lain sudah ISSN.

Tentu saja hal ini tidak mudah. FEB tidak akan berhenti disini, kedepan kualitas dosen dan mahasiswa akan terus ditingkatkan demi keinginan bersama menuju akreditasi A yang memang kurang sedikit dari penilaian. Pihaknya akan terus memacu para dosen dengan strategi dari sekarang. Menuju FEB yang semakin kuat dalam bidang tradisi akademik, prestasi mahasiswa dan semakin berkiprah di dunia luar.

Dirinya berharap silaturahmi terus dijaga meskipun statusnya nanti sudah alumni. Dan teruslah menjunjung tinggi almamater UPS Tegal.

“Bergabunglah dengan Ikatan Alumni FEB (IKAFE) Barangkali ada yang ingin lanjut S2, kita sudah punya wadah Magister Manajemen,” Pintanya.

Sementara Ketua YPP Prof. Dr. H. Imawan Sugiharto, SH.MH menambahkan pihaknya juga mengucap selamat dan sukses kepada calon wisudawan FEB UPS Tegal. Pihak yayasan akan terus memperbaiki kualitas pendidikan dan pembangunan kampus. Rencananya, FEB akan meningkatkan statusnya menjadi Fakultas akreditasi.

 

  • cr: jateng.kabardaerah.com
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + 14 =